Minggu, 06 Maret 2016

Pengertian dan Manfaat Statistika dalam Fakultas Ilmu Komunikasi

Pengertian statistik   
  
 Kata statistik bukan merupakan kata dari bahasa Indonesia asli, secara etimologis kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata "statistik" diartikan sebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara. Namun, pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistik hanya dibatasi pada "kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)" saja; bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistik.

Contoh data kuantitatif.

maka dari pengertian diatas, dapat saya tarik kesimpulan bahwa 
 suatu statistik dapat diartikan sebagai kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar) dan atau diagram yang menggambarkan (berkaitan) dengan suatu masalah tertentu.

Pengertian Statistika
statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan dan penyusunan data, pengolahan data, dan penganalisisan data, serta penyajian data berdasarkan kumpulan dan analisis data yang dilakukan. Salah satu ilmu yang mendasari dalam mempelajari statistika adalah peluang atau probabilitas. Berdasarkan kegiatannya, statistika dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu Statistika deskripif (statistika deduktif) dan statistika inferensi (statistika induktif). 

Contoh statistika deskriptif.
maka dari pengertian diatas saya dapat menyimpulkan bahwa Statistika adalah dilmu pengetahuan yang membahas (mempelajari) dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuhatau dipergunakan dalam rangka: 
(a) pengumpulan data angka, 
(b) penyusunanatau pengaturan data angka, 
(c) penyajian atau penggambaran atau pelukisandata angka, 
(d) penganalisisan terhadap data angka, dan 
(e) penarikan kesimpulan, pembuatan perkiraan, serta penyusunan ramalan secara ilmiah.


Peranan statistika dalam fakultas ilmu komunikasi khususnya pada jurusan Broadcasting :

Jurusan
Penggunaan Statistik



Broadcasting
-          Untuk mendata kegemaran konsumen akan program yang ditayangkan.
-          Untuk mengetahui perkembangan suatu audience yang media dimana suatu event yang rutin di adakan
-          Dapat mempresentasikan materi yang mengandung statistik dengan baik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar